Tips menjaga kesehatan selama berlibur

 Libur panjang telah tiba. Hal itu berarti bahwa sudah bisa melepaskan diri sejenak dari rutinitas setiap hari. Namun yang menjadi masalah adalah ketika Anda justru sakit pada saat melakukan liburan, sehingga tidak bisa menikmati liburan dengan semestinya. Hal ini akan semakin parah karena cuaca yang tidak menentu setiap harinya.

Oleh karena itu agar kesehatan Anda tetap terjaga selama liburan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

Menghindari Kontak dengan Orang yang Sedang Sakit

Jika keadaannya tidak terlalu penting, sebaiknya Anda menjaga agar tidak bersentuhan dengan orang yang sakit. Hal ini menjadi penting untuk menjaga agar Anda tidak tertular dengan penyakit tersebut. Terlebih lagi jika ternyata Anda memiliki penyakit ataupun kondisi yang bisa meningkatkan resiko untuk terkena flu seperti diabetes atau sedang hamil.

Melakukan Vaksinasi Flu

Ada baiknya jika Anda melakukan suntik vaksin, maksimal dua pekan sebelum liburan untuk mencegah penularan virus flu. Hal tersebut karena virus membutuhkan waktu dua pekan untuk meningkatkan imunitas setelah disuntikkan. Namun hal ini juga tidak menjamin bahwa Anda akan terbebas dari flu. Oleh karena itu, Anda juga harus rajin mencuci tangan serta melakukan perlindungan lain.
Melakukan Kebiasaan yang Sehat

Beberapa pola hidup sehat yang bisa menjaga tubuh Anda dari perubahan cuaca adalah berolahraga dengan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat serta mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu, Anda juga harus menghindari rokok. Anda tidak boleh bergantung pada suplemen.

Rajin Mencuci Tangan

Untuk mencegah penyebaran kuman pada diri sendiri dan orang lain, sebaiknya Anda selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Kalaupun Anda tidak mendapatkan air dan sabun, Anda bisa menggunakan tissue basah atau pembersih lain yang mengandung alkohol. Karena alkohol berguna untuk mematikan kuman.

Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Meskipun kelihatannya biasa saja, namun ketika Anda sering menyentuh wajah maka Anda lebih beresiko untuk terkena atau menyebarkan virus atau bakteri penyebab penyakit. Karena pada saat Anda menyentuh mata, hidung dan mulut, yang merupakan membran lendir, maka pada saat itu jugalah virus atau bakteri penyebab infeksi akan menular. Oleh karena itu, sebisa mungkin, hindarilah untuk menyentuh wajah.

Istirahat cukup

atau tidur dalam waktu seperti biasanya sangat baik bagi kesehatan. Apalagi jika sedang dalam perjalanan dan anda mengemudikan kendaraan pribadi. Usahakan untuk bergantian dalam menegemudi atau beristirahat sejenak di rest area.

Makanlah makanan yang sehat

Hindari konsumsi junk food yang berlebihan selama perjalanan berlangsung. Makanlah roti dan juga sayuran hijau yang bisa anda persiapkan sebelum berangkat dan dapat dikonsumsi di waktu senggang atau saat perut terasa lapar.

Jangan lupa untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan air atau alkohol. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bakteri yang tersentuh oleh tangan, apalagi jika anda juga sering menyentuh mkananan yang masuk ke dalam mulut dan juga wajah sehingga bakteri tersebut akan berpotensi menjadi penyakit.

Konsumsilah buah

baik yang dimakan secara langsung maupun yang diolah menjadi jus, alternatif lain adalah sari buah. Minuman tersebut lebih menyehatkan ketimbang mengkonsumsi softdrink yang mengandung kafein dan berkarbonasi.

Sering-seringlah mengkonsumsi air mineral atau air putih. Hal ini untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, membantu agar pencernaan lancar serta menetralisir lemak dan kolestrol yang masuk ke dalam tubuh.

Makan secara teratrur

3 kali sehari seperti biasanya. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengagetkan seperti terlalu manis, terlalu asin atau terlalu pedas. Konsumsilah makanan yang sudah terbiasa masuk ke dalam tubuh kita, dan tentunya juga harus lebih sehat.

Lakukan peregangan jika terlalu lama berada di perjalanan. Jangan duduk terus, anda bisa menekuk dan memanjangkan kaki secara bergantian. Selain itu hindari duduk dengan menyilangkan kaki dalam waktu lama karena akan menghambat peredaran darah dalam tubuh.

Menghabiskan waktu dengan orang terkasih menambah panjang umur Anda

Statistik mengatakan bahwa memiliki hubungan bersama orang-orang di sekitar Anda serta menghabiskan waktu dengan mereka secara reguler mampu memperpanjang hidup sampai kira-kira dua tahun. Selain daripada itu, berkumpul bersama orang-orang dekat juga diyakini mampu menurunkan risiko penyakit jantung juga kanker.

Kembali menjadi anak kecil

Saat Anda berumur enam tahun pastinya Anda tak begitu peduli tentang seberapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sebaliknya, ketika liburan Anda justru sibuk berlarian, bermain, memanjat pohon dengan tidak mengkhawatirkan itu semua.

Manjakan diri Anda

Menghindari makanan dan juga melewatkan makan demi menghindari kalori, keduanya dapat menyebabkan konsumsi kalori lebih banyak di kemudian waktu. Biarkanlah diri Anda untuk cheating dan juga Anda akan menyadari jika tetap diet ketika liburan tidak akan bermanfaat.

Bernyanyi atau menari

Bernyanyi bisa menurunkan tingkat kecemasan dan juga depresi. Sementara menari mampu memperpanjang hidup dan juga memungkinkan untuk mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.


Selamat Berlibur kawan.



Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar