BEBERAPA TIPS DAPUR OKE DARI EYANG TI ( RAHASIA DAPUR LELUHUR ) untuk segera DI COBI...



Membersihkan water hiter

water hiter kalo dipake terus kadang di bawahnya ada flek-flek kuning seperti karatan.nah biar logamnya jadi kinclooong lagi cobain ya tips nya..tips ini juga dikasih dari sahabat ku Dian (bedank ya..) dia ngeliat di cnn, trus kucobain eehh bener banget.

caranya :

masukkan azijn / cuka + air (perbandingannya 2 azijn :1 air ) pokoknya sampe logam di water hiter itu kerendam. terus didihkan, buang.
didihkan air seperti biasa sampe bau cuka nya hilang.
kalo water hiternya masih ada flek lakukan seperti di awal.
perlu diinget jangan kebanyakan cuka, ga bagus soalnya entar logamnya jadi bener-bener karatan benerkan ahli fisika???
gampang banget kan tips nya


Memasak dengan mentega

Agar mentega yang dipanaskan tidak mudah gosong atau kecokelatan, tambahkan sedikit minyak olive hingga aromanya juga makin enak. Tumis bawang hingga benar-benar layu dan warnanya bening/transparan dan aromanya harum.


Agar Bumbu Meresap Pada Ayam

jawaban buat  Dek Yuni kemaren pas ke rumah tanya "teh kalo masak daging biar tengahnya ga ada darahnya/ ga merah gmn??" ini jawabnya yaa..moga-moga cukup puas


Saat mengaduk ayam dengan bumbu, pastikan seluruh cairan dalam daging ayam keluar dan daging ayam berubah menjadi pucat dan kaku. Tambahkan air panas jika perlu hingga bumbu benar-benar meresap dan matang.

tips tambahan :

gunakan api sedang agar cairan dalam daging keluar (intinya kalo digoreng udah ga merah lagi)
agar bumbu meresap setelah ayam ditambahkan bumbu ,simpan sekitar 15 menit sebelum direbus (nisa)


tips biar cake ga bantat


Sebel banget deh kalo cake yang udah kita enak-enak malah bantat, apalagi kalo cake bantat pas dapet pesenan...huaaa pengen nangisss deh..jadi kudu buat lagi.


kesimpulannya gini

Perhatikan resepnya, takarlah bahan-bahan dengan tepat dan ikuti tahap pembuatannya.
Siapkan peralatan sebelum membuat kue. Jangan sampai adonan Anda sudah siap sedangkan loyang belum disiapkan.
Dalam pembuatan cake cokelat pun ternyata ada trik tersendiri. Biasanya dengan penambahan cokelat bubuk, jumlahnya akan menggantikan jumlah terigu. Jika dalam resep tercantum 200 gram terigu dan Anda ingin berinisitif menambahkan 50 gram cokelat bubuk, maka kurangi jumlah terigu tadi. Jangan lupa, ayak kedua bahan kering tersebut menjadi satu.
tips dari mamah tersayank ku : alat-alat membuat kue kudu kering( mis baskom dll ), mentega dan telor ga bole dalam keadaan dingin (jadi kalo beli dalam keadaan dingin diamkan sampe suhunya normal ), dan jangan lupa kalo mo ngaduk adonan dengan spatula, aduklah dengan satu arah.
Panaskan oven sekitar 15 sampai 20 menit sebelum digunakan. Panas ideal untuk cake antara 175 hingga 200 derajat celsius. Dan jangan lupa, kenali sifat-sifat oven Anda.
Untuk mengetes kematangan, Anda dapat menusuk bagian tengah dengan lidi bersih. Jika saat di angkat tidak ada adonan yang melekat, berarti kue sudah cukup matang. Segera keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakannya. jangan didiamkan dalam oven terlalu lama, karena proses pematangan akan terus berlanjut.
kata tante alma neh yg jago masak.. Kalau masukin bahan ke adonan harus sedikit-sedikit, jangan sekaligus.

Selamat mencobi...


Tips memasak

Kalau anda membutuhkan banyak bawang putih, ada cara cepat utuk mengupasnya hingga tak menyita waktu banyak. Caranya, panaskan bawang putih dalam microwave selama 10 detik. Hasilnya, kulit bawang akan langsung terkelupas atau Mememarkan bawang putih :Tekan pisau pada bawang (tidak perlu dikupas kulitnya), setelah memar, kulit bawang akan terlepas dengan mudah
Cincang halus bawang putih :Dengan alat khusus : Bawang putih dimasukkan dalam tempat khusus yang bagian bawahnya berlubang, lalu tekansaat merebus udang, agar bau udang hilang, masukkan daun seledri segar ke dalam panci.
Agar pie yang akan dipotong tidak hancur, banyak tertinggal di talenan, dan mudah diambil, sebaiknya bungkus pie terlebih dahulu setengahnya.
Jika membutuhkan hanya setengah dari bawang bombay, sebaiknya agar sisanya bertahan lebih lama, potong secara horizontal dan simpan bagian yang ada akarnya.
Agar potongan buah dan kacang menyebar rata di dalam adonan cake serta tak menggumpal di bagian bawah cake, taburi dengan tepung sebelum dimasukkan ke dalam adonan.
Selalu kupas daun letuce lembar demi lembar. Jangan pernah memotongnya dengan pisau karena akan terasa pahit.
Jika memasak mi atau beras, agar airnya tidak tumpah keluar, tambahkan sesendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan.
Pastry yang diolah dengan menggunakan air dingin akan menjadi renyah. Sebaliknya jika memakai air panas, akan menggumpal.
Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat ketika mengolah salad, sebaiknya oleskan terlebih dahulu dengan mayones sebelum mengisi mangkuk adonan dengan sayuran atau bumbu lain.
Ingin menghias cake dengan cara mudah? Pertama-tama gambar pola di atas cake sesuai keinginan dengan bantuan tusuk gigi. Lalu ambil botol kecap/sambal yang kosong, isi dengan gula berwarna, dan semprotkan perlahan-lahan di atas pola gambar yang sudah dibuat dengan bantuan tusuk gigi tadi.

Telur rebus akan semakin mudah dikupas jika begitu matang langsung diangkat dan diletakkan di mangkuk berisi air dingin selama beberapa menit.
Gunakan bumbu-bumbu beraroma tajam (misalnya lengkuas, daun jeruk, serai, daun kemangi, jahe) saat memasak kerang. Tujuannya untuk mengurangi bau amis kerang.
Untuk Menambahkan keju atau topping lainnya sebaiknya dilakukan setelah makanan matang, agar tidak keras atau malah lembek.
Bila perlu, dimasak lagi selama 1 menit pada suhu panas sedang agar topping menyatu dengan makanan




Memasak dengan microwave
ini untuk temen2 yg aslii sibuk banget. bisa juga lho masak dengan bantuan microwave
misalnya : dadar telur, nasi, mie, telor rebus, sop, ikan filet.

syaratnya: .
tidak bisa digunakan untuk menggoreng dan membuat kulit makanan
Potonglah bahan makanan kecil-kecil agar cepat matang
Untuk masakan berkuah, kurangi airnya sepertiga dari ukuran normal, karena penguapan di dalam microwave tidak sebanyak seperti memasak menggunakan kompor.
Pilih tempat meletakkan makanan yang berukuran lebih besar dan khusus untuk microwave, biar cepat matang.
makanan yg mempunyai kulit atau selaput tipis(membran) harus ditusuk2 terlebih dahulu biar ga meletuh contonya kuning telur.

contoh masakan yg dpt menggunakan microwave : dadar telur, ayam kecap dll

memasak dengan rice cooker lebih leluasa dibandingkan dengan microwave. memasak di rice cooker hampir sama seperti masak biasa, tp biar cepat proses kematangnnya potong sayuran,daging dan sayuran kecil2 buar cepat matang dan gunakan air yg mendidih (pake air di hiter)

SELAMAT MENCOBI...!


http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=263010&kat_id=366
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar