AYO...!!! Saatnya kita kembali dengan mesin waktu ke alam masa keecil kita yang indah.

                                                          

                                                    KELUARGA BESAR GULALI 

Adalah jajanan masa lalu yang cobi kita angkat kembalidi era modern dan sekaligus kita akan pelajari apa dan bagaimana kita untuk bisa membuat jajanan yang terkenal sangat masterpice dan legendaris serta MAKNYUUUUS... 

Disini EYANG TIE akan secara gamblang mengupas secara mendalam sedalam SUMUR...! 



Permen gulali terdiri dari 4 empat macam jenis, diantaranya : 

1. Permen Gulali Gula Jawa Kacang Tanah. Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam permen yang ada saat ini. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah mirip permen ting ting kacang.

2. Permen Gulali Gula Pasir. Jenis gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih berwarna karena para Abang2 pedagang biasanya memberikan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik jika dibentuk. Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll, sehingga anak-anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir atau polisi dan security SATPAM.

3. Permen Gulali Rambut Nenek. Gulali ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para Abang abang pedagang biasanya menarik-narik adonan dasar gulali ini sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra. Kebanyakan orang menyebut gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek. Konon orang Cina sering menyebut gulali ini sebagai jenggot seekor naga.

4. Permen Gulali Arum Manis. Jenis gulali yang terakhir dibuat dengan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus namanya Mesin Arum Manis. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas makanya sering disebut permen kapas (Cotton Candy). Di Indonesia gulali jenis ini lebih populer dengan nama arum manis. Usaha Arum Manis ini sudah di franchise kan di Indonesia. Setiap permen gulali ada asal usul atau asal mulanya termasuk permen gulali harum manis ini.


RESEP PERMEN GULALI GULA JAWA
BAHAN :
500 gram gula jawa yang sudah dihaluskan
125 ml air atau secukupnya
Kacang tanah potong kecil-kecil
Tusuk sate





CARA MEMBUAT PERMEN GULALI GULA JAWA :



Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan tersebut di atasnya.
Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental. Jika sudah mengental, silahkan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik lalu masukan ke dalam toples.




RESEP PERMEN GULALI GULA PASIR




BAHAN :
1 kg Gula Pasir
1 sdm Pasta pandan atau pasta strawberry
1 sdm Citric Acid Citrun cap gajah (Asam Citrun)
100 ml Air matang 3/4 gelas sedang
ALAT-ALAT :
1 Centong kayu untuk mengaduk gulali
1 Sendok makan
1 Wajan besar


CARA MEMBUAT PERMEN GULALI GULA PASIR :

Masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan kedalam wajan. Aduk sampai rata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
Gulali siap dibentuk sesuai kreatifitas.




RESEP PERMEN GULALI RAMBUT NENEK

BAHAN :

500 gram gula pasir
125 ml air atau secukupnya
Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
Minyak goreng secukupnya
Tepung terigu secukupnya
CARA MEMBUAT PERMEN GULALI RAMBUT NENEK :
Tuang minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya lalu aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, silahkan membuat adonan gulalinya

CARA MEMBUAT ADONAN GULALI. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam wajan. Setelah itu panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga mulai mengental.
Setelah itu tuangkan adonan tersebut ke atas tepung terigu. Nah sekarang silahkan tarik-tarik adonannya hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang cepat.






RESEP PERMEN ARUM MANIS




BAHAN :
Gula Pasir
Pewarna Makanan


ALAT - ALAT :

Siapkan Cotton Candy Machine/Mesin untuk membuat Arum Manis
Stick bambu/Cone Stick untuk menggulung Arum Manis
Jika ingin dipasarkan/untuk membuka peluang usaha :
Pilih dan buat kemasan (plastik) yang bagus dan menarik agar konsumen atau pembeli tertarik.
Tentukan tempat yang strategis agar orang mudah untuk mencarinya untuk membeli.


CARA MEMBUAT PERMEN ARUM MANIS :

Campurkan gula dengan pewarna makanan yang diinginkan aduk-aduk hingga rata.
Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
Masukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggulah beberapa saat hingga keluar serabut gula halus dari mesin.
Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
Arum Manis siap dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dipasarkan)



CARA MEMBUAT COTTON CANDY : Masukkan gula pasir ke wadah Pemanas Potton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula & berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal & bagus. Masukan dalam kantong plastik, siap untuk dihidangkan atau dijual.


Selamat Super Mencobi cobi sampai benar


Sumber : Pak Maman,Tukang gulali Di Pasar Festival Sekaten Yogyakarta.


















Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar