Fujio Masuoka Penemu Flashdisk





Penemuan flashdisk adalah salah satu inovasi yang paling berguna di era komputer seperti sekarang ini. Sebelum ada flashdisk, media penyimpanan data sangat tidak praktis. Awalnya adalah era disket berukuran lebar dengan kapasitas untuk menyimpan data yang sangat terbatas. Kemudian muncul disket yang ukurannya sedikit lebih tereduksi namun tetap saja berkapasitas minimalis, tidak sampai 1,5 megabyte ( mb ). Ini sangat merepotkan manakala data yang hendak disimpan berukuran besar, semisal grafis, audio atau video.


Fujio Masuoka Penemu Flashdisk

Lalu keluarlah compact disc ( CD) sebagai media penyimpanan data terbaru waktu itu. Kendati CD dapat menampung data yang cukup besar, sekitar 600-700 mb, namun yang menjadi masalah adalah ketidakpraktisannya. Untuk menyimpan data di dalam CD harus melakukan proses burning terlebih dahulu lewat media CD RW ( compact disk rewritable ) untuk membaca dan menyimpan data, pengembangan dari perangkat CD Room yang hanya mampu membaca data. Burning adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi orang awam dan rawan mengalami kegagalan. Kalau sudah gagal dalam proses burning, kemungkinan terjadi kerusakan pada CD sangat berpotensi terjadi.


Kisah Fujio Masuoka Penemu Flashdisk Yang Akhirnya Di Akui Dunia
Flashdisk akhirnya muncul sebagai penyelamat. Dengan bentuk yang mungil dan praktis, kekuatan flashdick ternyata luar biasa. Tinggal tancapkan sambungan ke sambungan USB di komputer atau laptop, Flashdisk sudah bisa digunakan. Di awal kemunculannya, flahsdisk hanya berkapasitas 8 mb. Berturut - turut meluncurlah flashdisk dengan kapasitas yang semakin besar, dari 128,256 dan 512 mb, kemudian ke level gigabyte ( gb ), mulai dari 1,2,4,8,16 gb dan seterusnya. Bahkan, kini sudah ada flashdisk dengan kapasitas terabyte ( tb ). Sebagai perbandingan, 1 tb sama dengan 1024 gb sedangkan 1 gb sama dengan 1024 mb.

Penemu flahsdisk adalah seorang berkebangsaan Jepang yang bernama Fujioka Masuoka. Si jenius yang low profil ini dilahirkan di Takasaki, Gunma, Jepang pada 8 Mei 1943. Masuoka adalah alumni dari Thoku University, perguruan tinggi di Jepang bagian utara, di mana ia memperoleh gelar doktor beberapa saat sebelum bergabung dengan perusahaan elektronik raksasa Toshiba pada 1971, Masuoka menciptakan cikal bakal flashdisk saat masih bekerja untuk perusahaan yang berpusat di Tokyo itu. Awalnya, si mungil ajaib ciptaan Masuoka ini dikenal dengan nama flash memory. Masuoka menciptakan flash memory pada 1984. Istilah flash sendiri dicetuskan oleh karib Masuoka bernama Shoji Arizumi.


Di Awal dekade 1990-an, flash memory merupakan salah satu inovasi yang paling penting. Seharusnya Masuoka memperoleh pengakuan dan hasil materi yang sangat melimpah atas penemuannya tersebut. Tapi, Toshiba hanya memberinya beberapa ratus dolar sebagai "uang tutup mulut". Parahnya lagi, pihak Toshiba berulang kali berusaha untuk memutasi Masuoka dari jabatan seniornya ke posisi di mana ia tidak mungkin bisa melanjutkan penelitian untuk mengembangkan flash memory.


Inilah Penemu Flashdisk Fujio Masuoka
Toshiba mungkin melakukan hal itu agar bisa mengembangkan sendiri flash memory tanpa harus membayar mahal kepada Masuoka di kelak kemudian hari. Tapi Toshiba terlambat karena kompetitornya dari Amerika Serikat, Intel, keburu mengetahui penemuan itu dan dengan segera mengontrol persebaran flash memory. Uniknya, Intel justru menunjuk Toshiba sebagai pihak penemu flash memory kendati Toshiba berkali - kali melemparkan balik tudingan itu. Toshiba gelagapan karena jika terbukti bahwa memang anggota mereka yang menciptakan flash memory sementara orang itu telah diperlakukan secara tidak adil, maka mereka harus bersiap - siap menanggung malu.

Jengah dengan kondisi yang serba rumit itu, Masuoka memutuskan untuk keluar dari Toshiba pada 1994. Setelah itu, Masuoka kian fokus untuk mengembangkan teknologi flash memori yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan flashdisk tersebut. Masuoka lalu mengabadikan diri pada almameternya, Tohoku University, dan tercatat sebagai guru besar di sana.

Masuoka patut berbangga hati karena meskipun sempat tidak diakui dan disia - siakan oleh Toshiba, kerja kerasnya dalam menciptakan cikal - bakal flashdisk justru diapresiasi dengan baik oleh pihak lain. Pada 1997, Institute of Electrical & Electronics Engineers yang bermarkas di New York menganugerahkan "Morris N. Liebman Memorial Award" sebagai wujud pengakuan atas jasanya yang telah menemukan flash memory. yang kini dikenal dengan nama Flashdisk Awal mula dari gagasan itu dianggap sebagai media penyimpanan data yang paling mutakhir, praktis dan serbaguna.




http://hanyatauaja.blogspot.co.id/search?updated-max=2015-04-27T12%3A35%3A00-07%3A00&max-results=6#PageNo=257


Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar